Jumat, 06 Januari 2012

Mendidik Anak Menjadi Dewasa


Pendahuluan

      Segala puji hanya kepada Allah SWT, sholawat serta salam selalu tercurah kepada Nabi Akhir zaman Muhammad SWT. serta para pengikutnya yang selalu setia menegakkan kebenaran dan selalu berusaha menjaga kemurnian syariatnya. Setiap hari manusia berharap agar cita-cita dan apa yang diinginkan tercapai namun semua itu perlu latihan yang teramat panjang, dan orang tua harus menjadi pelatih yang baik bagi perkembangan anak agar cita-cita dan harapannya tergapai dengan tangan-tangan mereka sendiri. Banyak sekali ilmu psykologi yang beredar tentang pembahasan sikap dan tindakan yang harus diambil untuk mempelajari watak dan sifat manusia. Semoga Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang selalu menunjukkan jalan yang lurus kepada hamba-hambanya yang mau berusaha mencari sebuah kebenaran serta kebajikan.
     Sebenarnya manusia selalu diberikan petunjuk dan jalan untuk mengambil keputusan dan tindakan namun sedikit sekali manusia yang melihat fenomena alam sebagai petunjuk oleh sebab itu isi dari buku ini hanyalah beberapa seketsa kehidupan yang mungkin terlupakan dan terabaikan.
     Lihat dan amati lingkungan sekitar untuk mendidik anda agar lebih memahami bagaimana pelajaran yang sesuai bagi keluarga anda, lepaskan keegoisan anda sejenak untuk menghirup udara segar dari lingkungan social maupun interaksi alam agar anda lebih terinspirasi mengambil segala tindakan yang menurut anda benar dan membuat anda lebih piawai dalam mendidik anak.

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mendidik anak diantaranya:
  1. Pahami Keturunan anda dan pasangan anda
  2. Amati lingkungan social sekitar anda
  3. Lihat dan sering-seringlah berinteraksi dengan teman-teman sepergaulan anak anda
  4. Berilah pengertian bukan batasan
  5. Berikanlah sanksi jika melanggar perjanjian
  6. Berikanlah hadiah (Reward) tanpa dia sadari
  7. Berusahalah menjadi orang tua yang dikagumi anak bukan ditakuti
  8. Yang paling utama adalah berikan contoh sikap, ucapan dan tingkah laku yang baik pada diri anak Tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar