Kamis, 15 November 2012

Metode Bergaul dan Beradaptasi yang cepat dan menguntungkan

Salam....para pecinta ilmu pengetahuan
setelah beberapa tahun menelusuri beberapa komunitas dan beberapa kelompok baik klompok yang berlatar belakang Hobi, Wilayah, Pekerjaan, Pendidikan dan organisasi maka dapat diklasifikasikan trik dan tips bagaimana dapat diterima dengan cepat oleh lingkungan yang baru kita masuki.....

Ada beberapa hal yang anda harus pahami ketika memasuki sebuah komunitas ataupun kelompok diantaranya
1. jenis kelompok tersebut
2. orang-orang yang mendominasi dalam kelompok tersebut (leader/ketua/pentolan)
3. skill yang paling diutamakan dalam kelompok tersebut
4. gaya bicara dan alur pembicaraan dikomunitas atau kelompok tersebut.

semua hal tersebut harus dianalisis dengan cepat karena hal tersebut merupakan sebuah peluang bagaimana dan dari arah mana anda dapat memasuki sebuah komunitas tersebut.
prinsip bergaul adalah mencoba berusaha membaur dan menjadi satu dalam ritmik kebiasaan yang dilakukan dalam komunitas/kelompok tersebut.

sebelum menjadi orang yang paling dibutuhkan maka anda harus memiliki hal seperti dibawah ini
1. anda harus mampu bermanfaat bagi keberadaan kelompok/komunitas tersebut
2. anda dapat menjadi problem solver pada kelompok/komunitas tersebut
3. mampu menumbuhkan kepercayaan dengan menunjukkan beberapa pengorbanan baik tenaga,uang ataupun pemikiran, karena hal tersebut merupakan landasan tumbuhnya kepercayaan.
4. sedikit bersikap sesuai iklim pada kelompok/komunitas tersebut sebelum anda menunjukkan sedikit karakter anda agar anda dapat dimengerti teman disekeliling anda.
5. dan yang terakhir tunjukkan bahwa anda orang yang berkwalitas dibidang yang anda kuasai, bukan sekedar ucapan melainkan lebih tepatnya pada perbuatan.

Retroika berbicara dan mimik wajah sangat dibutuhkan dalam mempengaruhi seseorang, biasanya orang sangat mudah dipengaruhi ketika dalam keadaan bimbang dan penuh keraguan. pada diri manusia ada titik kelemahan ketika sedang mengalami sebuah masalah biasanya ketika anda mendapat kepercayaan untuk mendengarkan keluh kesah yang dilontarkan seseorang atau komunitas maka disana lah celah anda untuk mencoba masuk dan mencoba mendapat tempat duduk dihati mereka.

Banyak teman itu merupakan salah satu kunci dari jaringan maka jika anda mampu bergaul lintas generasi maupun lintas komunitas maka anda akan selalu melihat celah dan kesempatan yang dapat anda pergunakan bagi kepentingan dan keperluan anda, tapi ingatlah sebuah kejujuran dan kepercayaan mahal harganya. anda membagun sebuah kepercayaan berbulan-bulan sampai bertahun-tahun tapi ketika kepercayaan itu telah dinodai maka cukup satu hari meruntuhkan apa-apa yang anda telah bangun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar